Selasa, 20 September 2011

Calon Haji Siantar-Simalungun Kloter 4

September 2011 

Berangkat dari Polonia 5 Oktober
SIANTAR-Calon jamaah haji dari Pematangsiantar dan Simalungun tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 4 Embarkasi Bandara Polonia Medan. Sebanyak 125 calon haji dari Pematangsiantar dan 148 orang dari Simalungun, berangkay dari Bandara Polonia Medan pada 5 Oktober sekira pukul 06.00 WIB.
Kepala Seksi Haji Kementerian Agama Kota Pematangsiantar H Syarwan Lubis, Senin (19/9) menyebutkan, calon jamaah haji Siantar tergabung dalam kloter 4, bersama calon jamaah haji asal Simalungun dan Medan.
“Rombongan secara resmi diberangkatkan Wali Kota Siantar bersama unsur Muspida dari depan Balai Kota, Selasa, 4 Oktober. Dari Bandara Polonia Medan, diberangkatkan menuju Tanah Suci esok harinya Rabu, 5 Oktober sekitar pukul 06.00 hingga 07.00 WIB,” terang Syarwan.
Lebih lanjut dijelaskannya, jumlah calon jamaah haji dari Pematangsiantar 125 orang. Jumlah ini bertambah empat orang dari sebelumnya, sebab Siantar memeroleh jatah tambahan dari pemerintah pusat untuk jamaah haji lanjut usia, yaitu usia di atas 80 tahun ke atas.
Disebutkan dia, pembagian kloter untuk calon haji kabupaten/kota di Sumatera Utara (Sumut) telah tuntas dilaksanakan pada sidang qurah (penentuan kloter), di Asrama Haji Medan, Senin (19/9) sekira pukul 11.00 WIB.
Lanjutnya, sidang qurah ini dihadiri Kementerian Agama (Kemenag) kabupaten/kota di Sumut. Dari Kemenag Pematangsiantar dihadiri Kepala Kantor Kemenag H Hasyim Hasibuan. Sidang juga dihadiri Plt Gubsu Gatot Pujo Nugroho bersama unsur Muspida Sumut.     
“(Calon haji) Siantar bergabung dengan Simalungun dan sebagian jamaah dari Kota Medan. Satu kloter 450 orang,” terangnya.
Masih kata Syarwan, pihaknya sedang mempersiapkan paspor dan bukti setoran lunas Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) dari bank serta pas foto para calon jamaah haji yang akan berangkat. Selanjutnya berkas dikirimkan ke Asrama Haji Medan, kemudian dibuatkan visanya di Jakarta.
Dihubungi  terpisah, Kakan Kemenag Simalungun H Muslim Lubis menyebutkan, jumlah calon jamaah haji dari Simalungun 148 orang. Jumlah ini bertambah dua orang dari sebelumnya, yaitu jatah dari pemerintah pusat untuk jamaah haji lanjut usia di atas 80 tahun.
“Simalungun bergabung dengan Kota Siantar masuk kloter 4. Secara resmi, rombongan jamaah haji kita diberangkatkan Bupati Simalungun dari halaman Masjid Agung Perdagangan, Selasa 4 Oktober, menuju Asrama Haji Medan. Dari Bandara Polonia, mereka diberangkatkan esok harinya Rabu, 5 Oktober ke Tanah Suci,” jelasnya.
Kuota Belum Tercapai
Penambahan 289 kuota haji untuk Provinsi Sumut dibagi-bagikan ke 33 kabupaten/kota, dan pendaftaran pelunasan biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) batas terakhir dilaksanakan Senin (19/9).
“Pendaftaran dan pelunasan BPIH tahap ke-III ditutup hari ini (kemarin, red), tidak ada lagi pendaftaran ,” kata Kepala Bidang Haji, Zakat dan Wakaf Kementerian Agama Wilayah Sumut Abdur Rahman , Senin (19/9).
Pendaftaran dan pelunasan BPIH calon haji (Calhaj) Sumut, menurut dia, hanya diberikan tenggat waktu selama lima hari, dibuka sejak 15 -19 September 2011.
“Hingga Jumat (16/9) jumlah Calhaj Sumut yang melunasi BPIH tercatat 36 orang dari jumlah 289 penambahan kuota haji Sumut,” kata Rahman.
Sedangkan, pendaftaran dan pelunasan BPIH tahap II, yakni 6-9 September 201, tercatat 8.124 orang dari 8.234 kuota haji Sumut.
“Ada 110 orang lagi Calhaj Sumut belum melunasi BPIH tersebut,” ujarnya.
Selanjutnya, dia mengatakan, 110 Calhaj tersebut telah dikembalikan kuotanya secara nasional ke Kementerian Agama.
Sebanyak 8.234 kuota haji Sumut belum tercapai dan terpenuhi, sesuai dengan yang ditentukan oleh Kementerian Agama.
Ketika ditanya mengenai kuota haji Sumut yang tidak tercapai, Rahman mengatakan semoga pada pendaftaran terakhir , bisa tercapai. Katanya, kalau tidak juga terpenuhi, maka sisanya dipulangkan ke Kementerian Agama.
Penambahan 289 kuota haji untuk Sumut, terkait kebijakan Pemerintah Arab Saudi yang menambah 10.000 kuota haji Indonesia. Penambahan 289 kuota haji untuk Sumut itu, yakni 110 kuota haji yang dipulangkan ke kuota nasional (Kementerian Agama,red), sedangkan 179 kuota lagi adalah pemberian dari Kementerian Agama.
Sementara itu, jumlah calon haji Provinsi Sumut tahun 2010 yang berangkat ke Mekkah mencapai 8.330 orang, terdiri dari 8.240 orang calon haji dan 90 orang petugas haji .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thanks ..............